Minggu, 26 Oktober 2014

AYO, KITA INGAT TANGGAL 28 OKTOBER !!!!


Sudah lama rasanya saya tidak menulis lagi. Fikiran terfokus untuk hal-hal lain (Job Seeker), maklum lah sebagai seorang anak pertama di keluarga dan Alhamdulillah sudah di wisuda Sarjana tanggal 3 September bulan lalu, memberikan beban baru. Hehehe :p
Pada beberapa hari kedepan, akan ada momen peringatan Tanggal 28 Oktober yaitu 86 Tahun (28 Oktober 1928) setelah peristiwa heroik yang digerakkan oleh pemuda-pemudi Indonesia pada kongres Sumpah Pemuda. Pada hari itu, terciptalah sebuah sumpah yang disuarakan oleh pemuda-pemudi Indonesia yang bunyinya sebagai berikut :

“Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Satu, Tanah Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia”

Bila kita menelaah kata-kata dalam sumpah tersebut, betapa hebatnya para pemuda-pemudi Indonesia kala itu yang mampu menyatukan seluruh pemuda-pemudi Indonesia untuk melakukan pergerakkan demi kemerdekaan Indonesia. Tentu bertolak belakang dengan kondisi pemuda-pemudi Indonesia pada saat ini.
Kondisi pemuda-pemudi Indonesia saat melakukan kongres sumpah pemuda saat itu, tidaklah semudah yang kita bayangkan seperti saat ini. Mereka melakukan kongres yang sangat dijaga ketat oleh polisi kaum penjajah (Belanda). Mereka tidak boleh (peraturan kaum penjajah) berbicara kata-kata “MERDEKA”, oleh sebab itu pada saat lagu INDONESIA RAYA  yang diciptakan oleh W.R Supratman di dendangkan pertama kali, setelah selesainya acara kongres tersebut, seluruh pemuda-pemudi menyanyikannya hanya dengan bersenandung tanpa mengeluarkan kata-kata, hanya bunyi nada-nya saja, namun tidak ada kata-kata yang keluar. Namun keterbatasan tersebut, ternyata sangat mampu menggemparkan kaum pemuda-pemudi Indonesia saat itu.
Bagaimana jika keterbatasan pada saat itu sudah hilang atau merdeka seperti saat ini ? Apakah pemuda-pemudi Indonesia saat ini mampu diharapkan seperti pemuda-pemudi Indonesia pada zaman pergerakkan dahulu ? Silahkan jawab sendiri dalam benak anda.

Tulisan ini akan saya lanjutkan pada tanggal 28 Oktober. HEHEHE....... :P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar